Jenis-jenis sponsorship yang dapat diajukan untuk event kampus
Memasuki era yang semakin modern, keterlibatan mahasiswa dalam berbagai event di kampus semakin digemari. Tentunya, keberadaan sponsor menjadi salah satu hal penting yang mendukung terlaksananya kegiatan event tersebut. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa jenis sponsorship yang bisa diajukan untuk event kampus di Indonesia:
1. Sponsorship makanan dan minuman
Biasanya sponsor jenis ini lebih dikhususkan untuk acara-acara yang memerlukan konsumsi makanan dan minuman, baik yang berupa snack atau minuman dalam botol maupun kemasan. Dalam hal ini, sponsor bisa berasal dari perusahaan makanan dan minuman, seperti produsen air mineral atau perusahaan yang memproduksi snack.
2. Sponsorship perlengkapan acara
Sponsorship jenis ini biasanya terdiri dari segala jenis perlengkapan yang diperlukan untuk suatu event kampus, seperti alat pemanjat dinding dan pengamanannya atau sound system dan tenda. Sponsor biasanya berasal dari perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan alat-alat tersebut ataupun dari agen yang membantu menghubungkan kampus dengan perusahaan penyedia alat-alat.
Perusahaan-perusahaan tersebut akan memberikan perlengkapan secara gratis atau memberikan diskon harga jika kampus bersedia untuk mempromosikan produk mereka selama event berlangsung, dengan cara pemasangan logo perusahaan sponsor di spanduk atau baliho.
3. Sponsorship media cetak
Sponsorship media cetak terdiri dari segala jenis media cetak yang digunakan selama event berlangsung, seperti pamflet, brosur, dan undangan. Sponsor jenis ini biasanya berasal dari perusahaan media cetak yang siap membantu kampus untuk membuat bahan promosi, seperti mengeluarkan biaya produksi dan pemasangan iklan pada media dan media sosial.
4. Sponsorship media online
Sponsorship media online juga menjadi salah satu jenis sponsor yang sedang digandrungi di era digital saat ini. Jenis sponsor ini dapat berupa iklan pay-per-click (PPC), iklan banner, branded content, serta endorsement dari influencer.
Kampus dapat bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan atau agen pemasaran online yang akan membantu meningkatkan traffik pada event kampus. Biasanya perusahaan yang bersedia memberikan sponsorship jenis ini tergolong cukup besar dan populer, seperti perusahaan telkomunikasi atau e-commerce di Indonesia.
5. Sponsorship infrastruktur
Sponsorship infrastruktur biasanya meliputi fasilitas-fasilitas tempat kegiatan seperti area parkir, konstruksi lapangan, kamar mandi, dan asrama. Sponsor jenis ini biasanya berasal dari perusahaan jasa konstruksi maupun perusahaan yang bergerak dalam bidang properti.
Pemberian sponsorship jenis ini biasanya memiliki bentuk kesepakatan antara kampus dan sponsor dalam bentuk kerja sama jangka panjang. Sponsorship jenis ini sangat diharapkan oleh kampus, terutama untuk meningkatkan fasilitas yang ada sehingga memudahkan kampus untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan acara kampus yang lebih baik di masa yang akan datang.
Membuat proposal sponsorship yang menarik bagi pihak sponsor
Menarik perhatian sponsor untuk memilih event kita sebagai sponsorship merupakan hal yang sangat penting. Maka, dibutuhkan proposal sponsorship yang menarik dan terstruktur dengan baik. Terdapat beberapa poin penting yang harus ditulis dalam proposal tersebut.
Informasi Detail Event dan Target Audience
Hal pertama yang paling penting adalah detail event. Mulai dari tema, tujuan event, waktu, dan tempat. Tujuan event ini harus sejalan dengan tujuan sponsor yang bersedia bekerja sama dengan kita. Jangan lupa spesifikasikan juga target audience kita. Jangan hanya menjabarkan kalimat, "Target audience kita adalah mahasiswa kampus sekitar". Lebih baik spesifikasikan jumlah mahasiswa, jurusan, dan universitas. Semakin spesifik target audience, semakin baik.
Berikan Keuntungan Dalam Bentuk Value
Sponsorship seharusnya bukan hanya mengambil manfaat dari event kita, tetapi juga memberikan keuntungan bagi event kita. Di dalam proposal, tampilkan dengan jelas apa yang akan didapatkan oleh event kita jika sponsor bersedia bekerja sama. Bentuk-bentuk keuntungannya bisa berupa merchandise dari sponsor, barang-barang yang dapat dipamerkan di acara kita, atau keuntungan materi lainnya. Beritahu sponsor bahwa event kita dapat memberikan tambahan nilai bagi bisnis mereka juga.
Desain Proposal yang Menarik
Tidak hanya isinya yang menarik, tetapi proposal sponsorship kita juga harus didesain sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Gunakan font yang sesuai dan proporsional. Jangan terlalu banyak menuangkan ide dalam design proposal supaya tidak membingungkan sponsor untuk memahaminya. Lebih baik gunakan gambar atau infographic jika diperlukan agar proposal ketika dibaca terlihat lebih menyenangkan dan memikat.
Kolaborasi dengan Sponsor
Setelah sponsor tertarik, dengan sigap tawarkan ide yang dapat menarik kolaborasi sponsor dengan event kita. Seiring berjalannya event, tetap jaga kerja sama dengan sponsor agar dapat memberikan rasa puas pada sponsor.
Dengan mengutamakan keempat poin tersebut, ditambah dengan sikap kerja sama, maka peluang untuk mendapatkan sponsor yang mendukung event kita akan semakin tinggi.
Cara menjalin kerja sama yang baik dengan sponsor
Sponsorship event kampus di Indonesia merupakan salah satu strategi yang efektif dalam penggalangan dana. Melibatkan sponsor dalam sebuah event dapat membantu menyelesaikan masalah biaya dan meningkatkan brand awareness. Namun bagi pihak kampus, tidak mudah untuk mempertahankan kerja sama dengan sponsor. Berikut beberapa tips untuk menjalin kerja sama yang baik dengan sponsor:
1. Kenali Calon Sponsor
Sebelum mengajukan proposal sponsor untuk suatu event kampus, pastikan untuk memiliki daftar calon sponsor yang sudah dipilih. Seleksi calon sponsor tidak hanya berdasarkan pada kemampuan finansial, lebih dari itu juga harus dilihat apakah sponsor tersebut memiliki kesesuaian dengan tema dan visi misi kampus. Dengan mengenal calon sponsor, kamu dapat mempersiapkan proposal yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
2. Merancang Proposal yang Menarik
Proposal yang dapat menarik perhatian sponsor adalah proposal yang terstruktur dengan baik dan jelas. Dalam proposal tersebut harus dijelaskan secara detail tentang event kampus, tema, narahubung, dan juga apa yang dapat diperoleh oleh sponsor ketika bergabung. Semakin jelas dan menarik isi proposal, semakin besar peluang untuk mendapatkan sponsor yang diinginkan.
3. Memberikan Value-Added kepada Sponsor
Sponsorship bukan hanya tentang memberikan pendanaan, melainkan juga tentang bagaimana dapat memberikan nilai tambah bagi sponsor. Memberikan value-added kepada sponsor dapat meningkatkan keinginan mereka untuk bergabung dalam event. Value-added dapat berupa media ekspansi, publikasi dari kampus, atau lainnya yang dapat menambah nilai bagi sponsor. Dalam kontrak kerjasama, baiknya semua perjanjian dan nilai tambah tersebut harus tertulis dengan jelas dan detail.
4. Berkomunikasi yang Terbuka dengan Sponsor
Komunikasi adalah kunci dalam menjaga hubungan baik dengan sponsor. Berkomitmen dengan para sponsor dan saling berbagi pikiran juga dapat menambah kesuksesan event. Membuat jadwal regulasi dan rutin untuk berkomunikasi selalu diperlukan agar tercipta hubungan yang terjaga dengan baik. Jika terjadi masalah atau ketidaksetujuan, segera untuk menyelesaikan dan cari solusinya agar tidak mengganggu jalannya kesepakatan.
Kesimpulannya, menjalin kerja sama dengan sponsor tidak dapat dilakukan dengan instan, namun dengan beberapa tips di atas, kamu dapat menjalin kerjasama yang baik untuk event kampus kamu. Yang paling penting adalah menjaga hubungan yang baik dengan sponsor. Semoga bermanfaat!
Manfaat bagi mahasiswa dan kampus dari mendapatkan sponsorship untuk event kampus
Sponsorship adalah bentuk dukungan finansial atau pemberian kontribusi dari pihak ketiga yang bertujuan untuk mendukung sebuah acara atau kegiatan tertentu. Dalam hal ini, sponsorship event kampus menjadi sebuah keharusan yang harus ada di setiap universitas atau perguruan tinggi. Kegiatan tersebut diadakan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka di luar kegiatan akademik. Ada banyak manfaat bagi mahasiswa dan kampus dari mendapatkan sponsorship untuk event kampus:
1. Pembelajaran praktis
Dengan mengadakan event kampus, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih praktis di luar kegiatan akademik. Mereka dapat mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di kelas untuk mengorganisir sebuah acara. Hal ini tentunya akan membantu mereka dalam memahami hubungan antara teori dan praktik dalam kehidupan nyata.
2. Mengasah softskill
Pada saat mengorganisir event kampus, mahasiswa akan belajar untuk mengasah softskill mereka seperti kemampuan leadership, teamwork, communication, dan lain-lain. Softskill ini sangat penting bagi mahasiswa dalam persiapan menghadapi dunia kerja yang lebih kompetitif.
3. Meningkatkan kesadaran merek
Dengan adanya sponsorship event kampus, maka universitas atau perguruan tinggi akan lebih dikenal oleh publik yang lebih luas. Hal ini dikarenakan perusahaan sponsor biasanya akan memasang logo mereka di berbagai media promosi kegiatan tersebut, baik itu poster, brosur, spanduk, maupun media digital.
4. Melalui sponsorship bisa meningkatkan fasilitas kampus
Tidak sedikit sponsor yang memberikan dukungan berupa barang atau jasa yang digunakan untuk pelaksanaan event kampus. Hal ini bisa berupa sound system, meja, kursi, tenda, dan sebagainya. Dalam jangka panjang, dukungan sponsor seperti ini bisa membantu meningkatkan fasilitas kampus sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih optimal.
5. Menghasilkan uang untuk kampus
Apabila sponsor terlibat dalam event kampus, maka kampus bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang. Hal ini terjadi ketika sponsor berkontribusi dengan memberikan dana kepada panitia pelaksana. Dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan acara, sisa uangnya akan diberikan kepada kampus sebagai profit.
Dalam kesempatan yang berharga ini, universitas atau perguruan tinggi diharapkan mampu membuka diri untuk berkolaborasi dengan perusahaan agar sponsor event kampus dapat terlaksana dengan baik. Semoga dengan adanya dukungan sponsor, acara kampus bisa lebih sukses dan mahasiswa bisa memetik manfaat yang positif.